Harley-Davidson

Harley Davidson atau yang juga dikenal dengan sebutan “Harley” atau “H-D” merupakan produsen sepeda motor asal Amerika Serikat. Pabrik pertamanya berdiri di Milwaukee, Wisconsin pada awal dekade pertama abad ke 20.

Pabrikan ini merupakan satu dari dua produsen motor Amerika yang selamat dari krisis ekonomi “Great Depression”. Juga bertahan melawan perang quality control dan dari kompetisi melawan raksasa-raksasa perusahaan motor asal Jepang.

Harley Davidson dikenal sebagai pembuat motor besar kelas berat berkapasitas di atas 750cc yang didesain untuk berkendara di highways. Harley atau HD memiliki ciri desain motor yang berkarakter dan suara knalpot yang memiliki warna berbeda dibandingkan motor yang lain. Selain itu Harley Davidson juga dikenal karena tradisi modifikasi chopper ekstrim yang sempat ngetop di Amerika.

Hingga saat ini Harley Davidson masih terus mempertahankan gaya klasik yang diusungnya, kecuali pada varian VRSC (V-Rod) model family. Pabrikan ini sempat memproduksi motor kategori light namun bisa dibilang gagal sukses dan ditutup pada tahun 1978.

Brand Harley Davidson hingga saat ini terus eksis berkat loyalitas komunitas penggemarnya lewat klub, event dan bahkan museum. Hal ini menjadikan brand dan logo Harley sangat tinggi yakni diperkirakan bernilai 40 juta US dollar di laporan perusahaan periode 2010.

www.harley-davidson.com

Harley-Davidson